Kamis, 19 Juni 2014

RPP KURIKULUM 2013 Tema / topik : Keselamatan di rumah dan diperjalanan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :  SD/MI
Kelas / semester     :  II/II
Tema / topik             : Keselamatan di rumah dan diperjalanan
Alokasi waktu          : 2 x 35 Menit

A.         Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa dapat mematuhi tata tertib di rumah.
2.  Siswa dapat mematuhi tata tertib di sekolah.
3.  Siswa dapat mengetahui makna simbol pada rambu-rambu lalu lintas.
4.  Siswa dapat memahami keselamatan dirumah dan diperjalanan.
5.  Siswa dapat Menggambar imajinatif.
B.         KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan  secara faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
C.         KOMPETENSI DASAR
PPKn
2.2 Menunjukan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah dan sekolah.


 Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai  bahasa persatuan dan saran belajar di tengah keberagaman bahasa daerah 
Seni Budaya dan Prakarya
2.6 Disiplin selama melakukan aktivitas fisik  
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
D.   Indikator
PPKn
4.2.1 Menjelaskan tata tertib di jalan raya.
4.2.2 Mengamati ketertiban di jalan raya dan dibuat dalam bentuk laporan sederhana
Bahasa Indonesia
1.1.1     Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
1.1.2     Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua.
Penjasorkes
2.6.1 Melakukan aktivitas fisik secara teratur.
3.10.2 Menunjukan rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas fisik.
Seni Budaya dan Keterampilan
3.1.1 Memperlihatkan contoh dalam menggambar imajinatif
3.2.1 Menunjukkan media dalam menggambar imajinasi
E.   Materi Pembelajaran
Materi ajar terlampirkan sebagai berikut :
a.    Tata tertib
b.    Rambu-rambu lalu lintas.
c.    Keselamatan di rumah dan di perjalanan.
F.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan        : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.   Saran petunjuk pembelajaran
            Siswa diberi penjelasan singkat tentang materi tata tertib di rumah, di sekolah, di jalan raya, menaati rambu-rambu lalu lintas,.
H.   LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.    Mengawali belajar dengan berdoa dengan penuh kekhusuan, sikap duduk dan menengadahkan tangan.
2.    Mengecek kehadiran siswa.
3.    Bersama-sama menyanyikan lagu “Hati-hati di jalan”.
4.    Tanya jawab mengenai makna lagu.
5.    Menginformasikan tema Pembelajaran yang akan dibelajarkan.
6.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
Waktu 5 menit
Kegiatan Inti
7.    Menjelaskan pengertian tata tertib di rumah.
8.    Siswa Menyebutkan contoh-contoh tata tertib di rumah.
9.    Menjelaskan pengertian tata tertib di sekolah.
10. Siswa Menyebutkan contoh-contoh tata tertib di sekolah.
11. Menjelaskan akibat apabila kita sering melanggar tata tertib.
12. Memberikan arahan kepada siswa dengan harapan menjadi siswa yang selalu menaati tata tertib yang berlaku, baik di rumah maupun di sekolah.
13. Siswa menunjukan sikap berhati-hati ketika sedang bejalan di jalan raya.
14. Menampilkan gambar rambu-rambu lalu lintas atau video rambu-rambu lalu lintas
15. Penjelasan tentang rambu-rambu lalu lintas.
16. Melakukan Tanya jawab tentang rambu-rambu lalu lintas
17. Menyimak penjelasan guru tentang rambu-rambu lalu lintas
18. Mengelompokan rambu-rambu lalu lintas

Waktu 55 menit
Penutup
19. Mennyimpulkan materi pembelajaran
20. Mengajak siswa untuk membuat rangkuman materi pembelajaran
21. Memberikan penguatan
Waktu 10 menit

Pendekatan Scientific study:

Mengamati:
a.  Langkah no 14
b.   
Mempertanyakan
a.    Langkah  no 16
Eksplorasi/eksperimen
a.    Langkah no 7
b.    Langkah no 8
c.    Langkah no 9
d.    Langkah no 10
e.    Langkah no 11
f.     Langkah no 12
g.    Langkah no 13
Mengasosiasikan
a.    Langkah no 18


Komunikasi/jaringan
a.    Langkah no 14.

           

 I.    Media dan Sumber  Pembelajaran
Media :
a.    Gambar anak patuh tata tertib
b.    Gambar rambu-rambu lalu lintas/Video rambu-rambu lalu lintas
Sumber :
a.    Gura dan siswa sebagai media pembelajaran
b.    Lingkungan
c.    Buku Tematik Kelas II
d.    Buku Pengembangan diri Anak
c.    Bahan ajar
J.  PENILAIAN
Bentuk penilaian
Proses : unjuk kerja, penilaian sikap
Hasil   : tes lisan/tulisan
Rubric Penilaian Unjuk Kerja
No
Aspek yang dinilai
Skor maksimum
Skor Perolehan Peserta Didik
1
Kerja sesuai petunjuk
a.    Bekerja sesuai petunjuk guru
b.      Hasil kerja sesuai petunjuk
2

2
Ketepatan menjawab pertanyaan
a.    Cara menjawab
b.    Struktur kata sesuai
c.    Ketepatan hasil kerja
3


Jumlah Skor
5


NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik  x 10
                                          Jumlah Skor Maksimum

RUBRIK  PENILAIAN SIKAP
No
Nama
Aspek yang dinilai
Perilaku
Nilai
Keterangan
1
Nama siswa
Mampu Bekerja sama



Berinisiatif

Penuh perhatian

Bekerja sistematis

2






Catatan:
a.    Kolom Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik

b.   Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku

c.   Keterangan diisi dengan kriteria berikut
1). Nilai 18-20 berarti amat baik
2). Nilai 14-17 berarti baik
3). Nilai 10-13 berarti sedang
4). Nilai 6-9 berarti kurang
5). Nilai 0-5 berarti sangat kurang







Uraian Materi
v Kedisiplinan

Disiplin adalah sikap selalu menaati peraturan
disiplin dimulai dari diri sendiri
disiplin diperlukan untuk
menciptakan kehidupan yang teratur
disiplin kita lakukan di rumah
di sekolah dan di masyarakat
dengan menanamkan sifat disiplin dalam diri
dapat membawa kita pada keselamatan

Disiplin wajib dilakukan dimana-mana,
disiplin di sekolah, dirumah, atau dijalan.
Di sekolah, kita wajib berdisiplin. Contoh
Disiplin di sekolah adalah masuk kelas tepat waktu.
Jika terlambat masuk kelas berarti kita tidak disiplin.



Contoh disiplin dirumah adalah tidur dan bangun tepat waktu. Jika tidur atau bangun dengan terlambat berarti kita tidak disiplin.









Dijalan, kita pun wajib berdisiplin.
Apakah contoh disiplin dijalan?
Contohnya menyebrang ditempat penyebrangan.
Jika menyebrang jalan dengan sembarangan
Berarti kita tidak disiplin. Dan itu sangat
membahayakan diri kita sendiri.
Contoh-contoh sikap disiplin
Berikut ini contoh sikap disiplin di Rumah :
·         Tidur dan bangun tepat waktu
·         Merapikan tempat tidur dan kamar
·         Makan dengan teratur
·         Belajar dan mengerjakan PR
·         Merapikan mainan setelah bermain
·         Menjaga kebersihan rumah
Berikut ini contoh sikap disiplin di Masyarakat :
·         Menyebrang jalan ditempat penyebrangan
·         Tidak menerobos lampu merah
·         Berjalan disebelah kiri
·         Menjaga kebersihan lingkungan
·         Menjaga keamanan lingkungan
·         Tidak mengganggu tetangga













Mari Bernyanyi
Hati-hati hati-hati
Berjalan kaki
Dijalan raya
Banyak bahaya
Mari kita
Jalan ditepi
Agar tidak
 Dapat celaka..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar