RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SD/MI
KELAS/SEMESTER :
VI/2
TEMA : Globalisasi
ALOKASI WAKTU :
35 Menit x 6 minggu x 36 jp (6 x Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Siswa mampu mengidentifikasi Negara –Negara ASEAN
2. Mampu memahami Peran Indonesia di era
globalisasi
3. Siswa mampu memahami Politik luar negeri bebas
aktif Indonesia
4. Siswa mampu mengidentifikasi Kerjasama
Indonesia dengan Negara-negara di asia tenggara
5. Siswa mampu memahami tentang Gaya dan energi
6. Siswa mampu memahami System tata surya(rotasi
Bumi, Revolusi Bumi, Revolusi Bulan)
7. Siswa mapu mempraktikan Peristiwa gerhana
matahari dan bulan
8. Siswa mampu Menggambar Gabungan bangun datar
sederhana
9. Siswa mamp Menghitung luas gabungan bangun
datar sederhana
10. Siswa mampu membuat gambar
perspektif sederhana diatas kain dengan menerapkan proporsi dan komposisi
11. Siswa mampu membuat patung sederhana dari plastisin
12. Siswa mapu mempraktkan Gerak dasar lokomoton
dan non lokomor
B. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan secara faktual dengan cara mengamati,
mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatanny, dan benda-benda yang dijumpai di
rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
C.
KOMPETENSI DASAR:
PPKn
1.1.Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan
khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
2.4
Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.4
Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan,
wilayah, sosial, dan budaya
3.6
Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan dalam pemerintahan, wilayah,
sosial, dan budaya
4.6
Menyajikan realita keberagaman untk mendorong saling ketergantungan dalam
membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
IPS
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi
dan politik
3.1
Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu,
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
3.4
Menelaah manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan
masyarakat dan bangsa Indonesia
3.5
Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
4.1
Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas
antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk
cerita,tulisan atau media lainnya
Bahasa Indonesia
2.2
Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi
modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2
Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan
alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya,
matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata
surya
3.3
Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan
peristiwa terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
MATEMATIKA
3.12
Memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk
mendapatkan informasi tertentu
4.3
Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
4.5
Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga
dan segi empat
SBK
4.1 Menggambar perspektif sederhana
dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan
4.2
Menggambar di atas kain dengan teknik merintang warna
4.3
Menggambar poster dengan menerapkan tata letak sesuai prinsip seni
4.4 Membentuk karya patung sederhana
dari berbagai media berdasarkan karya patung nusantara
PENJASORKES
2.1 Berperilaku sportif dalam
bermain.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam
bentuk permainan
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan
kesempatan
2.7 Menerima kekalahan
dan kemenangan dalam permainan
2.6 Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan
kemenangan dalam permainan
D.
INDIKATOR
PPKn
1.1.1.
Menjaga persatuan dan kesatuan
indonesia sebagai anggota ASEAN
3.4.1.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama indonesia di
asia tenggara
4.4.1.
Saling menghargai perbedaan antar
suku, Agama dan Ras
4.6.1.
Menjalin kerjasama tanpa memandang perbedaan SARA
IPS
2.2.1. menjalankan
kebijakan politik luar negeri bebas aktif Indonesia
3.1.1 mengidentifikasi
keragaman budaya antar negara di kawasan asia tenggara
3.4.1
mengidentifikasi manfaat hubungan kerjasama indonesia ekonomi bagi kehidupan
masyarakat
3.5.1. memberikan contoh interaksi
manusia dengan lingkungan alam
3.5.2.
memberikan contoh interaksi manusia di bidang social
3.5.3. memberikan contoh interaksi
manusia dibidang budaya
3.5.4. memberikan contoh
interaksi manusia dibidang ekonomi
4.1.1. menjelaskan keragaman budaya antar negara di
kawasan asia tenggara
BAHASA INDONESIA
2.2.1.
menggunakan alat-alat pembelajaran/KIT IPA/KIT B.INDONESIA dengan baik
3.1.1.
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya
3.1.2.
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gerak
3.1.3.
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang energi panas
3.1.4.
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang bunyi
3.1.5. menyajikan teks laporan hasil pengamatan
tentang cahaya
3.2.1 Menjelaskan cara pemeliharaan pancaindra
dalam kehidupan sehari-hari
3.2.2. Memperagakan cara pemeliharaan panca indra
dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1.
Siswa mampu menjelaskan hasil bacaan/hasil simakan
3.4.2.
Mencatat pokok-pokok berita yang
didengar
3.4.3.
Menjawab pertanyaan tentang isi berita yang
didengar (5W+1H)
3.4.4.
Mengembangkan pokok-pokok berita
menjadi cerita runtut dengan bahasa sendiri
IPA
2.1.1. menunjukan perilaku tekun dalam mengerjakan
tugas-tugas yang diberikan
3.2.1. mengamati peristiwa alam dalam sistem tata
surya
3.2.2. mengidentifikasi peristiwa alam dalam sistem
tata surya
3.3.1. menjelaskan peristiwa rotasi bumi
3.3.2. menjelaskan peristiwa revolusi bumi
3.3.3. menjelaskan peristiwa revolusi bulan
3.3.4. menjelaskan peristiwa terjadinya gerhana
bulan
3.3.5. menjelaskan peristiwa terjadinya gerhana
matahari
MATEMATIKA
3.12.1.
Membuat lembar isian sederhana
3.12.2.
Mengisi lembar isian dengan benar
3.12.3.
Menjelaskan informasi hasil lembar
isian,
4.3.1. menggambar bangun datar gabungan
sederhana
4.3.2.
menghitung luas bangun datar gabungan sederhana
4.51. menghitung jumlah sudut segi tiga
dengan melakukan percobaan
4.5.2.
menghitung jumlah sudut segi empat dengan melakukan percobaan
SBK
4.1.1. membuat gambar perspektif
sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi
4.2.1. membuat gambar
perspektif sederhana diatas kain dengan menerapkan proporsi dan komposisi
4.3.1.membuat poster di
atas kain dengan menerapkan tata letak
sesuai prinsip seni
4.4.1. membuat patung
sederhana dari plastisin berdasarkan karya patung nusantara
PENJASORKES
2.1.1.bersikap sportif
dalam bermain
2.3.1
menunjukan sikap toleransi selama mengikuti
pertandinga/perlombaan/aktifitas fisik lainnya
2.4.1.Menunjukkan
kemauan kerjasama selama mengikuti pertandinga/perlombaan/aktifitas fisik
lainnya
2.5.1.
menunjukan sikap toleransi dengan teman
lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6.1. Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik
2.7.1. menunjukan sikap
menerima kekalahan/kemengangan dalam permainan
2. MATERI PEMBELAJARAN
1. Negara –Negara ASEAN
2. Peran Indonesia di era globalisasi
3. Politik luar negeri bebas aktif Indonesia
4. Kerjasama Indonesia dengan Negara-negara di
asia tenggara
5. Gaya dan energi
6. System tata surya
7. Peristiwa gerhana matahari dan bulan
8. Menggambar Gabungan bangun datar sederhana
9. Menghitung luas gabungan bangun datar sederhana
10. membuat gambar perspektif sederhana diatas kain dengan menerapkan
proporsi dan komposisi
11. membuat patung sederhana dari
plastisin
12. Gerak dasar lokomoton dan non lokomor
D. METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan
Scientific: mengamati, mempertanyakan, mengasosiasikan, komunikasi, eksplorasi,
Metode : Ceramah, Pemberian
Tugas, Diskusi, Presentasi
Discovery
Learning : STAD, picture a picture,
NHT,…..
E. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertmuan pertama
Kegiatan awal
·
Berdo’a sebalum memulai
pembelajaran sebagai wujud syukur atas anugerah Allah SWT
·
Mempersiapkan
siswa secara fisik dan psikis dengan cara mengecek kehadiran siswa
·
Mengajak
siswa mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan mater
pembelajaran(buku,pulpen,dll)
·
Memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang GLOBALISASI
Kegiatan
inti
Mempertanyakan
·
Melakukan
Tanya jawab tentang Negara-negara ASEAN
·
Menanyakan
cara penggunaan energy yang baik
|
Ekspolrasi/eksperimen
· Menceritakan tentang dampak dari kemajuan teknologi
·
Menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
·
Melaksanakan tugas guru untuk
mencari majalah /Koran tertentu
·
Mendiskusikan beberapa kegiatan
yang sering dilakukan dalam rangka menghemat energi
Mengamati
Mengamati dampak kemajuan teknologi
di lingkungan sekitar
Mengasosiasikan
·
Membuat tabel tentang
kemajuan teknologi di berbagai bidang dan dampaknya
·
Membuat kliping
tentang dampak dari kemajuan teknologi
·
Menyajikan data dalam
bentuk tabel
Penutup
1. Mennyimpulkan materi pembelajaran
2. Mengajak siswa untuk membuat rangkuman materi
pembelajaran
3. Memberikan penguatan
F. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
Media :
Koran , majalah ,
Sumber Belajar :
guru dan siswa sebagai sumber belajar, bahan ajar, buku pedoman
Penilaian :
penilaian holistic, unjuk kerja, lisan ,
isian singkat
Rubric penilaian
holistic
Mapel PKN/IPS :
Mengidentifikasi dampak kemajuan teknologi di lingkungan
sekitar
Aspek
yang dinilai
1.
Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan
sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh
tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.
menyebutkan dampak positif
kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh
tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.
menyebutkan dampak negatif
kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses
situs-situs porno)
Tingkat (level)
|
Kriteria umum
|
4. Superior
|
1.
Sangat
tepat Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi
sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka
dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.
Sangat
tepat menyebutkan dampak positif kemajuan
teknologi di lingkungan sekitar (akses
informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap
muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.
Sangat
tepat menyebutkan dampak negatif kemajuan
teknologi di lingkungan sekitar (
tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses
situs-situs porno)
|
3. Memuaskan dengan sedikit kekurangan
|
1.
Tepat Menyebutkan dampak
kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat
bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan
HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.
Tepat menyebutkan dampak
positif kemajuan teknologi di
lingkungan sekitar (akses
informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap
muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.
Tepat menyebutkan dampak
negatif kemajuan teknologi di
lingkungan sekitar ( tingkat
kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs
porno)
|
2. Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan
|
1.
Kurang
tepat Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi
sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka
dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.
Kurang
tepat menyebutkan dampak positif kemajuan
teknologi di lingkungan sekitar (akses
informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap
muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.
Kurang
tepat menyebutkan dampak negatif kemajuan teknologi
di lingkungan sekitar ( tingkat
kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs
porno)
|
1. tidak memuaskan
|
1.
Tidak
tepat Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi
sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka
dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.
Tidak
tepat menyebutkan dampak positif kemajuan
teknologi di lingkungan sekitar (akses
informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap
muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.
Tidak tepat menyebutkan dampak negatif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar
( tingkat kemalasan belajar
tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)
|
Rubric
Penilaian Unjuk Kerja
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maksimum
|
Skor Perolehan Peserta Didik
|
1
|
Kerja
sesuai petunjuk
a.
Bekerja sesuai petunjuk guru
b.
Hasil kerja sesuai petunjuk
|
2
|
|
2
|
Ketepatan
menjawab pertanyaan
a.
Cara menjawab
b.
Struktur kata sesuai
c.
Ketepatan hasil kerja
|
3
|
|
Jumlah
Skor
|
5
|
NILAI
AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik x 10
Jumlah Skor Maksimum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar