Kamis, 19 Juni 2014

RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13 2014



RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN   : SD/MI
KELAS/SEMESTER           : VI/2
TEMA                                 : Globalisasi
ALOKASI WAKTU         : 35 Menit x 6 minggu x 36 jp (6 x Pertemuan)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Siswa mampu mengidentifikasi Negara –Negara ASEAN
2.      Mampu memahami Peran Indonesia di era globalisasi
3.      Siswa mampu memahami Politik luar negeri bebas aktif Indonesia
4.      Siswa mampu mengidentifikasi Kerjasama Indonesia dengan Negara-negara di asia tenggara
5.      Siswa mampu memahami tentang Gaya dan energi
6.      Siswa mampu memahami System tata surya(rotasi Bumi, Revolusi Bumi, Revolusi Bulan)
7.      Siswa mapu mempraktikan Peristiwa gerhana matahari dan bulan
8.      Siswa mampu Menggambar Gabungan bangun datar sederhana
9.      Siswa mamp Menghitung luas gabungan bangun datar sederhana
10.  Siswa mampu membuat gambar perspektif sederhana diatas kain dengan menerapkan proporsi dan komposisi
11.  Siswa mampu  membuat patung sederhana dari plastisin
12.  Siswa mapu mempraktkan Gerak dasar lokomoton dan non lokomor
B.     KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan  secara faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatanny, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


C.    KOMPETENSI DASAR:
PPKn
1.1.Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.6 Menyajikan realita keberagaman untk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
IPS
2.2 Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
3.4 Menelaah manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia
3.5 Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya

Bahasa Indonesia
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
MATEMATIKA
3.12 Memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
4.3 Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
4.5 Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
SBK
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan
4.2 Menggambar di atas kain dengan teknik merintang warna
4.3 Menggambar poster dengan menerapkan tata letak sesuai prinsip seni
4.4 Membentuk karya patung sederhana dari berbagai media berdasarkan karya patung nusantara
PENJASORKES
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan

D.    INDIKATOR
PPKn
1.1.1.      Menjaga persatuan dan kesatuan indonesia sebagai anggota ASEAN
3.4.1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama indonesia di asia tenggara
4.4.1.   Saling menghargai perbedaan antar suku, Agama dan Ras
4.6.1. Menjalin kerjasama tanpa memandang perbedaan SARA
IPS
2.2.1. menjalankan kebijakan politik luar negeri bebas aktif Indonesia
3.1.1 mengidentifikasi keragaman budaya antar negara di kawasan asia tenggara
3.4.1 mengidentifikasi manfaat hubungan kerjasama indonesia ekonomi bagi kehidupan masyarakat
3.5.1. memberikan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam
3.5.2.  memberikan contoh interaksi manusia di bidang social
3.5.3. memberikan contoh interaksi manusia dibidang budaya
3.5.4. memberikan contoh interaksi manusia dibidang ekonomi
4.1.1.  menjelaskan keragaman budaya antar negara di kawasan asia tenggara
BAHASA INDONESIA
2.2.1. menggunakan alat-alat pembelajaran/KIT IPA/KIT B.INDONESIA dengan baik
3.1.1. menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya
3.1.2. menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gerak
3.1.3. menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang energi panas
3.1.4. menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang bunyi
3.1.5.  menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang cahaya
3.2.1   Menjelaskan cara pemeliharaan pancaindra dalam kehidupan sehari-hari
3.2.2.  Memperagakan cara pemeliharaan panca indra dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1.   Siswa mampu  menjelaskan hasil bacaan/hasil simakan
3.4.2.   Mencatat pokok-pokok berita yang didengar
3.4.3.    Menjawab pertanyaan tentang isi berita yang didengar (5W+1H)
3.4.4.   Mengembangkan pokok-pokok berita menjadi cerita runtut dengan bahasa sendiri
IPA
2.1.1.    menunjukan perilaku tekun dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
3.2.1.  mengamati peristiwa alam dalam sistem tata surya
3.2.2.  mengidentifikasi peristiwa alam dalam sistem tata surya
3.3.1.  menjelaskan peristiwa rotasi bumi
3.3.2.  menjelaskan peristiwa revolusi bumi
3.3.3.  menjelaskan peristiwa revolusi bulan
3.3.4.  menjelaskan peristiwa terjadinya gerhana bulan
3.3.5.  menjelaskan peristiwa terjadinya gerhana matahari
MATEMATIKA
3.12.1.  Membuat lembar isian sederhana
3.12.2.  Mengisi lembar isian dengan benar
3.12.3.  Menjelaskan informasi hasil lembar isian,
4.3.1. menggambar bangun datar gabungan sederhana
4.3.2. menghitung luas bangun datar gabungan sederhana
4.51. menghitung jumlah sudut segi tiga dengan melakukan percobaan
4.5.2. menghitung jumlah sudut segi empat dengan melakukan percobaan
SBK
4.1.1. membuat gambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi
4.2.1. membuat gambar perspektif sederhana diatas kain dengan menerapkan proporsi dan komposisi
4.3.1.membuat poster di atas kain dengan  menerapkan tata letak sesuai prinsip seni
4.4.1. membuat patung sederhana dari plastisin berdasarkan karya patung nusantara

PENJASORKES
2.1.1.bersikap sportif dalam bermain
2.3.1 menunjukan sikap toleransi selama mengikuti  pertandinga/perlombaan/aktifitas fisik lainnya
2.4.1.Menunjukkan kemauan  kerjasama selama mengikuti  pertandinga/perlombaan/aktifitas fisik lainnya
2.5.1. menunjukan sikap toleransi  dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6.1.  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7.1. menunjukan sikap menerima kekalahan/kemengangan dalam permainan
2.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Negara –Negara ASEAN
2.      Peran Indonesia di era globalisasi
3.      Politik luar negeri bebas aktif Indonesia
4.      Kerjasama Indonesia dengan Negara-negara di asia tenggara
5.      Gaya dan energi
6.      System tata surya
7.      Peristiwa gerhana matahari dan bulan
8.      Menggambar Gabungan bangun datar sederhana
9.      Menghitung luas gabungan bangun datar sederhana
10.  membuat gambar perspektif sederhana diatas kain dengan menerapkan proporsi dan komposisi
11.   membuat patung sederhana dari plastisin
12.  Gerak dasar lokomoton dan non lokomor
D.    METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan Scientific: mengamati, mempertanyakan, mengasosiasikan, komunikasi, eksplorasi,
Metode                      : Ceramah, Pemberian Tugas, Diskusi, Presentasi
Discovery Learning    : STAD, picture a picture, NHT,…..

E.     LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertmuan pertama
Kegiatan awal
·         Berdo’a sebalum memulai pembelajaran sebagai wujud syukur atas anugerah Allah SWT
·         Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis dengan cara mengecek kehadiran siswa
·         Mengajak siswa mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan mater pembelajaran(buku,pulpen,dll)
·         Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang GLOBALISASI



Kegiatan inti
Mempertanyakan
·         Melakukan Tanya jawab tentang Negara-negara ASEAN
·         Menanyakan cara penggunaan energy yang baik

Ekspolrasi/eksperimen
·   Menceritakan tentang dampak dari kemajuan teknologi
·         Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
·         Melaksanakan tugas guru untuk mencari  majalah /Koran tertentu
·         Mendiskusikan beberapa kegiatan yang sering dilakukan dalam rangka menghemat energi
Mengamati
            Mengamati dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar
Mengasosiasikan
·                     Membuat tabel tentang kemajuan teknologi di berbagai bidang dan dampaknya  
·                     Membuat kliping tentang dampak dari kemajuan teknologi
·                     Menyajikan data dalam bentuk tabel

Penutup
1.      Mennyimpulkan materi pembelajaran
2.      Mengajak siswa untuk membuat rangkuman materi pembelajaran
3.      Memberikan penguatan

F.     MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media                       : Koran , majalah ,
Sumber Belajar        : guru dan siswa sebagai sumber belajar, bahan ajar, buku pedoman

Penilaian      : penilaian holistic,  unjuk kerja, lisan , isian singkat





Rubric penilaian holistic
Mapel PKN/IPS          : Mengidentifikasi dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar
Aspek yang dinilai
1.      Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.      menyebutkan dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.      menyebutkan dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)


Tingkat (level)
Kriteria umum
4. Superior
1.      Sangat tepat Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.      Sangat tepat menyebutkan dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.      Sangat tepat menyebutkan dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)

3. Memuaskan dengan sedikit kekurangan
1.      Tepat Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.      Tepat menyebutkan dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.      Tepat menyebutkan dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)

2. Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan
1.      Kurang tepat Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.      Kurang tepat menyebutkan dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.      Kurang tepat menyebutkan dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)

1. tidak memuaskan
1.      Tidak tepat Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2.      Tidak tepat menyebutkan dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3.      Tidak  tepat menyebutkan dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)



Rubric Penilaian Unjuk Kerja
No
Aspek yang dinilai
Skor maksimum
Skor Perolehan Peserta Didik
1
Kerja sesuai petunjuk
a.       Bekerja sesuai petunjuk guru
b.        Hasil kerja sesuai petunjuk
2

2
Ketepatan menjawab pertanyaan
a.       Cara menjawab
b.      Struktur kata sesuai
c.       Ketepatan hasil kerja
3


Jumlah Skor
5


NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik  x 10
                                          Jumlah Skor Maksimum














Tidak ada komentar:

Posting Komentar