RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
SD/MI
KELAS/SEMESTER :
VI/1
TEMA : Selamatkan
Mahluk Hidup
ALOKASI WAKTU :
35 Menit x 6 minggu x 36 jp (6 x Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.
Siswa
mampu Mengidentifikasi tumbuhan yang memiliki cirri khusus
2.
Siswa
mampu mendeskripsikan lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri
khusus
3.
Siswa
mampu menjelaskan hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan
tempat hidupnya
4.
Siswa
mampu menjelaskan fungsi ciri khusus tumbuhan
B. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan secara faktual dengan cara mengamati, mendengar,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatanny, dan benda-benda yang dijumpai di rumah
dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
C.
KOMPETENSI DASAR:
PPKn
2.1.
Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga,
sekolah,masyarakat dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
4.2 .Melaksanakan kewajiban
menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat
IPS
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dan lingkungannya
4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
dalam berbgai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya)
Bahasa Indonesia
2.1.
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
4.1.
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri
khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2
Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
IPA
3.6 Mendeskrisikan
perkembangbiakan mahluk hidup
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk
hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
4.4 Mengikuti prosedur
perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar
MATEMATIKA
3.2 Menerapkan penaksiran dalam melakukan
penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil
perhitungan
4.10
Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
SBK
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri
dalam mengolah karya seni
2.2 Menghargai alam dan
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar
melalui berkarya seni
D.
INDIKATOR
PPKn
2.1.1
melakukan kegiatan membuang sampah
pada tempatnya setiap hari
2.1.2.
melakukan kegiatan menjaga kebersihan
di lingkungan sekitar
2.1.3.
Membiasakan untuk memelihara
lingkungan sekitar
IPS
1.3.1 Menunjukan sikap peduli terhadap mahluk hidup sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
4.5.1.
membuat apotik hidup di lingkungan
sekolah
4.5.2.
membuat laporan hasil kegiatan
membuat apotik hidup di lingkungan sekolah
4.5.3.
menanam pohon di lingkungan
sekolah
4.5.4.
membuat laporan hasil
kegiatan menanam pohon
BAHASA INDONESIA
2.1.1.
Mengidentifikasi tumbuahan yang
memiliki ciri khusus
2.1.2.
Mengidentifikasi hewan yang
memiliki ciri khusus
2.1.3.
Mengidentifikasi tumbuhan yang
memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
2.1.4.
Mengidentifikasi hewan yang
memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
4.1.1.
Menyusun laporan hasil pengamatan
4.1.2.
Mengolompokan tumbuhan yang
memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
4.1.3.
Mengolompokan hewan yang memiliki
ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
4.1.4.
Menjelaskan hubungan antara ciri
khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya
4.1.5.
Menjelaskan hubungan antara ciri
khusus hewan dengan lingkungan tempat
hidupnya
4.2.1.
Menjelaskan cara pemeliharaan panca indra dalam kehidupan sehari-hari
4.2.2. Memperagakan cara
pemeliharaan panca indra dalam kehidupan sehari-hari
IPA
3.6.1.
Mendeskripsikan cara
perkembangbiakan tubuhan secara generative
3.6.2.
Mendeskripsikan cara
perkembangbiakan tubuhan secara vegetative
3.6.3.
Mendeskripsikan cara
perkembangbiakan hewan secara vivipar
3.6.4.
Mendeskripsikan cara
perkembangbiakan hewan secara ovipar
3.7.1. Menjelaskan cara mahluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungannya
4.4.1.
mempraktikan perkembangbiakan
tumbuhan secara generative
4.4.2.
mempraktikan perkembangbiakan
tumbuhan secara vegetative
4.5.1. Menyusun laporan perkembangbiakan tumbuhan secara
generative
4.5.2. Menyusun laporan perkembangbiakan tumbuhan secara
vegetative
4.5.3. menyajikan laporan hasil perkembangbiakan tumbuhan
secara generatif
4.5.4. menyajikan laporan hasil perkembangbiakan tumbuhan secara
vegetatif
MATEMATIKA
4.10.1.1.
Mengamati jenis tumbuhan pada suatu populasi
4.10.1.2.
Mengamati jenis hewan pada suatu
populasi
4.10.1.3.
Menaksir peluang kejadian dari
hasil pengamatan
SBK
2.1.1.
Membangkitkan rasa percaya diri dalam membuat satu lukisan tentang keadaan alam
2.1.2. membuat satu lukisan
tentang keadaan alam
2.2.1.
menunjukan perilaku menghargai alam
sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.2.2.
menunjukan perilaku menghargai lingkungan
sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3.1. Membuat karya dekoratif
seperti tudung saji, taplak meja dari bahan limbah
2.3.2. memamerkan hasil karya dekoratif dari bahan
limbah
2. MATERI PEMBELAJARAN
1. Cirri Khusus Mahluk Hidup
D. METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan
Scientific: mengamati, mempertanyakan, mengasosiasikan, komunikasi, eksplorasi,
Metode : Ceramah, Pemberian
Tugas, Diskusi, Presentasi
Discovery
Learning : STAD
E. LANGKAH PEMBELAJARAN
Minggu Pertama
Kegiatan awal
·
Berdo’a sebalum memulai
pembelajaran sebagai wujud syukur atas anugerah Allah SWT
·
Mempersiapkan
siswa secara fisik dan psikis dengan cara mengecek kehadiran siswa
·
Mengajak
siswa mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan mater
pembelajaran(buku,pulpen,dll)
Apersepsi menyanyikan lagu lihat kebunku
·
siswa dibawa ke luar kelas, ke
lapangan rumput, atau tempat di sekitar lingkungan sekolah
· mengamati
lingkungan
· menujukan
sikap menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar
·
mengidentifikasi sifat bagun datar
· mengamati
ciri-ciri tumbuhan dan hewan dan lingkungan tempat hidupnya
· berdiskusi
tentang hasil pengamatan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar
· mengidentifikasi
tumbuhan dan hewan
·
membuat daftar hewan
berdasarkan ciri
khusus yang dimilkinya
· menggolongkan
tumbuhan dan hewan berdasarkan lingkungan tempat hidupnya secara berkelompok
· membuat
kliping tumbuhan dan hewan berdasarkan
ciri-ciri khusus yang dimilikinya
·
membandingkan banyaknya, beratnya,
tingginya, panjangnya suatu kelompok tumbuhan dan hewan dengan kelompok yang
lain dengan menggunakan pecahan
·
membaca buku tentang makhluk yang
disukai dan menuliskan intisarinya dengan menyebutkan judul, pengarang, dan
jumlah halaman
·
berimajinasi dan memilih kata
untuk puisi
Penutup
1. Mennyimpulkan materi pembelajaran
2. Mengajak siswa untuk membuat rangkuman materi
pembelajaran
3. Memberikan penguatan
F. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
Media :
Tumbuhan di lingkungan sekitar,
Sumber Belajar :
guru dan siswa sebagai sumber belajar, bahan ajar, buku pedoman
Penilaian :
penilaian holistic, unjuk kerja, lisan ,
isian singkat
LKS
Mengidentifikasi tumbuhan yang memiliki ciri
khusus
1.
2.
3.
Mengidentifikasi lingkungan tempat hidup
tumbuhan yang memiliki ciri khusus
1.
2.
3.
Menjelaskan fungsi ciri khusus tumbuhan
1.
2.
3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar