Kamis, 19 Juni 2014

RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN



 RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SD/MI
KELAS/SEMESTER           : VI/1
TEMA                                 : Selamatkan Mahluk Hidup
ALOKASI WAKTU         : 35 Menit x 6 minggu x 36 jp (6 x Pertemuan)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Siswa mampu Mengidentifikasi tumbuhan yang memiliki cirri khusus
2.      Siswa mampu mendeskripsikan lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus
3.      Siswa mampu menjelaskan hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya
4.      Siswa mampu menjelaskan fungsi ciri khusus tumbuhan
B.     KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan  secara faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatanny, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

C.    KOMPETENSI DASAR:
PPKn
2.1. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah,masyarakat dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
4.2 .Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
IPS
1.3    Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
4.5  Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya)

Bahasa Indonesia
2.1. Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA
3.6 Mendeskrisikan perkembangbiakan mahluk hidup
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar
MATEMATIKA
 3.2 Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan
4.10 Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
SBK
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar melalui berkarya seni

D.    INDIKATOR
PPKn
2.1.1        melakukan kegiatan membuang sampah pada tempatnya setiap hari
2.1.2.      melakukan kegiatan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar
2.1.3.      Membiasakan untuk memelihara lingkungan sekitar

IPS
1.3.1  Menunjukan sikap peduli terhadap mahluk hidup sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
4.5.1.   membuat apotik hidup di lingkungan sekolah
4.5.2.   membuat laporan hasil kegiatan membuat apotik hidup di lingkungan sekolah
4.5.3.   menanam pohon di lingkungan sekolah
4.5.4.   membuat laporan hasil kegiatan  menanam pohon

BAHASA INDONESIA
2.1.1.   Mengidentifikasi tumbuahan yang memiliki ciri khusus
2.1.2.   Mengidentifikasi hewan yang memiliki ciri khusus
2.1.3.   Mengidentifikasi tumbuhan yang memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
2.1.4.   Mengidentifikasi hewan yang memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
4.1.1.      Menyusun laporan hasil pengamatan
4.1.2.      Mengolompokan tumbuhan yang memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
4.1.3.      Mengolompokan hewan yang memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
4.1.4.      Menjelaskan hubungan antara ciri khusus  tumbuhan  dengan lingkungan tempat hidupnya
4.1.5.      Menjelaskan hubungan antara ciri khusus  hewan dengan lingkungan tempat hidupnya
4.2.1. Menjelaskan cara pemeliharaan panca indra dalam kehidupan sehari-hari
4.2.2. Memperagakan cara pemeliharaan panca indra dalam kehidupan sehari-hari

IPA
3.6.1.   Mendeskripsikan cara perkembangbiakan tubuhan secara generative
3.6.2.   Mendeskripsikan cara perkembangbiakan tubuhan secara vegetative
3.6.3.   Mendeskripsikan cara perkembangbiakan hewan secara vivipar
3.6.4.   Mendeskripsikan cara perkembangbiakan hewan secara ovipar
3.7.1. Menjelaskan cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya
4.4.1.   mempraktikan perkembangbiakan tumbuhan secara generative
4.4.2.   mempraktikan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative
4.5.1. Menyusun laporan perkembangbiakan tumbuhan secara generative
4.5.2. Menyusun laporan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative
4.5.3. menyajikan laporan hasil perkembangbiakan tumbuhan secara generatif
4.5.4. menyajikan laporan hasil perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif

MATEMATIKA
4.10.1.1.    Mengamati jenis tumbuhan  pada suatu populasi
4.10.1.2.    Mengamati jenis hewan pada suatu populasi
4.10.1.3.    Menaksir peluang kejadian dari hasil pengamatan
SBK
2.1.1. Membangkitkan rasa percaya diri dalam membuat satu lukisan tentang keadaan alam
2.1.2. membuat satu lukisan tentang keadaan alam
2.2.1. menunjukan perilaku menghargai alam  sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.2.2. menunjukan perilaku menghargai lingkungan  sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3.1.   Membuat karya dekoratif seperti tudung saji, taplak meja dari bahan limbah
2.3.2. memamerkan hasil karya dekoratif dari bahan limbah

2.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Cirri Khusus Mahluk Hidup

D.    METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan Scientific: mengamati, mempertanyakan, mengasosiasikan, komunikasi, eksplorasi,
Metode                      : Ceramah, Pemberian Tugas, Diskusi, Presentasi
Discovery Learning    : STAD
E.     LANGKAH PEMBELAJARAN
Minggu Pertama
Kegiatan awal
·         Berdo’a sebalum memulai pembelajaran sebagai wujud syukur atas anugerah Allah SWT
·         Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis dengan cara mengecek kehadiran siswa
·         Mengajak siswa mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan mater pembelajaran(buku,pulpen,dll)
Apersepsi menyanyikan lagu lihat kebunku

·         siswa dibawa ke luar kelas, ke lapangan rumput, atau tempat di sekitar lingkungan sekolah
·      mengamati lingkungan
·      menujukan sikap menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar
·      mengidentifikasi sifat bagun datar
·      mengamati ciri-ciri tumbuhan dan hewan dan lingkungan tempat hidupnya
·      berdiskusi tentang hasil pengamatan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar
·      mengidentifikasi tumbuhan dan hewan 
·      membuat daftar hewan berdasarkan ciri khusus yang dimilkinya
·      menggolongkan tumbuhan dan hewan berdasarkan lingkungan tempat hidupnya secara berkelompok
·      membuat kliping  tumbuhan dan hewan berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimilikinya
·      membandingkan banyaknya, beratnya, tingginya, panjangnya suatu kelompok tumbuhan dan hewan dengan kelompok yang lain dengan menggunakan pecahan
·      membaca buku tentang makhluk yang disukai dan menuliskan intisarinya dengan menyebutkan judul, pengarang, dan jumlah halaman
·      berimajinasi dan memilih kata untuk puisi


Penutup
1.      Mennyimpulkan materi pembelajaran
2.      Mengajak siswa untuk membuat rangkuman materi pembelajaran
3.      Memberikan penguatan

F.     MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media                       : Tumbuhan di lingkungan sekitar,
Sumber Belajar        : guru dan siswa sebagai sumber belajar, bahan ajar, buku pedoman

Penilaian      : penilaian holistic,  unjuk kerja, lisan , isian singkat

















LKS
Mengidentifikasi tumbuhan yang memiliki ciri khusus
1.
2.
3.

Mengidentifikasi lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki ciri khusus
1.
2.
3.

Menjelaskan fungsi ciri khusus tumbuhan
1.
2.
3.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar